Senin, 27 Oktober 2014

Diagaram Alur/Flowchart

Definisi
Pemakaian komputer dewasa ini telah demikian pesatnya sejalan dengan kemajuan teknologi komputer itu sendiri.Berbagai bidang seperti Industri,Perdagangan,Pendidikan,Pemerintahan,Sains,dan Ilmu Pengetahuan baik eksakta maupun sosial budaya dan lain-lain lagi memanfaatkan alat canggih yang disebut dengan komputer tersebut.Kebanyakan komputer tersebut digunakan untuk memproses dan menyimpan data serta informasi.Dalam pemrosesan tersebut biasanya akan sangat diperlukan komputasi-komputasi yang cepat,tepat,dan akurat.Untuk melakukan tugas komputasi tersebut,perlu dibuat program sebagai alat bantu proses.
Dikatakan atau disebut suatu program karena program merupakan sederetan instruksi atau statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan.Instruksi tersebut berfungsi untuk mengatur pekerjaan apa saja yang akan dilakukan oleh komputer agar mendapatkan atau menghasilkan suatu hasil/keluaran atau output yang diharapkan.Dalam pembuatan program tersebut,alangkah baiknya kalau lebih dulu dibuatkan logika atau urut-urutan instruksi program tersebut dalam suatu diagram yang disebut diagram alur atau Flowchart.

Berikut ini suatu tahap penyelesaian masalah :

 

Simbol-simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :

Diagram Alur untuk Program Komputer
Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas:

  1. Pembacaan/pemasukan data kedalam komputer
  2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
  3. Mengeluarkan/mencetak/menampilkan hasilnya
Flowchart terdiri dari tiga struktur:
1.Struktur squence/Struktur sederhana
Contoh


2.Struktur Brancing
Contoh


3.Struktur Looping
Contoh



Catatan:
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.

Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I)
Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yang dapat berubah harganya.
Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel:

X=5
variabel X diberi harga sebesar 5

Kotak proses/penugasan dapat berfungsi antara lain untuk:

C=P-Q
Variabel C diberi harga var.P dikurangi harga var.Q (dalam hal ini,harga variabel P&Q harus sudah ada)

N=N+1
Harga yang terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain,harga variabel N bertambah 1)

S=S+T
Harga yang baru dari var.S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T.

Jenis variabel terbagi atas 2 macam,yaitu:
1.Variabel Numerik/bil
2.Variabel Untai Kata/string

Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II)
Dengan menggunakan kotak masukan/baca/input/read.
STRUKTUR SQUENCE/STRUKTUR SEDERHANA
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas kebawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan

STRUKTUR BRANCHING (Percabangan)
A.Bersyarat

1. IF
Diagram yang alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR/SALAH.
Bentuk Umum:
                     if (kondisi)
                                pernyataan ;

2. IF.....ELSE
Bentuk umum :
                     if (kondisi)
                                perintah1;
                     else
                                perintah2;

3.Nested IF
Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain.
Bentuk umum :
                     if (syarat)
                         if (syarat)
                           ......perintah;
                         else
                           ......perintah;
                     else
                          if (syarat)
                            ......perintah;
                          else 
                            ......perintah;

IF.....ELSE MAJEMUK(bertingkat)
If else majemuk mirip dengan nested if.Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana.
Bentuk Umum :
                       if (syarat)
                       {
                             ......Perintah;
                       }
                       else if (syarat)
                       {
                             ......Perintah;
                       }
                       else
                       {
                              .......Perintah;
                       }


4. Switch Case
untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif.
Bentuk Umum :
                       switch (ekspresi integer atau karakter)
                       {
                       case konstanta1:
                                   ......perintah;
                                   break;
                       case konstanta2:
                                   ......perintah;
                                   break;
                        default:
                                   ......perintah;
                                   break;
                        }


B. Tidak Bersyarat
  • Go To
Bentuk umum :
                 goto label;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar